Langsung ke konten utama

Definisi dan Kata Kunci


1.      Apa yang dimaksud dengan teks prosedur?
Teks prosedur adalah teks metode langkah demi langkah dalam menyelesaikan/melakukan suatu aktivitas atau masalah.
Kata kunci :
- metode
- ‎langkah demi langkah
- ‎melakukan suatu kegiatan

Artinya, teks prosedur adalah teks yang menjelaskan metode langkah demi langkah untuk melakukan suatu kegiatan.



2.      Apa yang dimaksud dengan teks eksplanasi?
Teks eksplanasi adalah teks yang berisi tentang proses ‘mengapa’ dan ‘bagaimana’ fenomena alam, sosial, ilmu pengetahuan, budaya, dan lainnya dapat terjadi dalam hubungan sebab akibat.
Kata kunci :
- Proses
- ‎Fenomena
- ‎Hubungan sebab-akibat

Artinya, teks ekplanasi adalah teks yang menjelaskan proses suatu fenomena secara runtut berdasarkan sistem sebab-akibat.

3.      Apa yang dimaksud dengan ceramah?
Ceramah adalah pengungkapan pikiran oleh seseorang di hadapan banyak pendengar, mengenai suatu hal, pengetahuan, dan sebagainya.
Kata kunci :
- Pengungkapan pikiran
- di hadapan banyak pendengar
- Mengenai suatu hal
Artinya, ceramah adalah penyampaian pikiran seseorang dengan banyak audiens tentang sesuatu.

4.      Apa yang dimaksud dengan nilai-nilai kehidupan yang terdapat dalam cerita pendek?
Nilai dalam cerpen adalah sesuatu yang dapat diambil atau dipetik dari cerpen yang bersifat edukatif, menambah pengetahuan, memberikan hiburan, atau yang dapat memanusiakan manusia sehingga berguna bagi manusia dalam kehidupan sehari-hari.
Kata Kunci :
- sesuatu yang dapat diambil
- ‎edukatif
- ‎berguna bagi manusia
Artinya, nilai kehidupan dalam cerpen adalah sesuatu yang dapat diambil dari cerpen, bersifat edukatif dan berguna bagi manusia.

5.      Apa yang dimaksud dengan proposal?
Proposal adalah suatu rancangan atau usulan kepada lembaga untuk melakukan penelitian atau kegiatan. Setelah itu menunggu persetujuan proposal yang diajukan kepada lembaga tersebut.

Kata Kunci :
- rancangan
- ‎penelitian/kegiatan
- ‎persetujuan

Jadi, proposal adalah rancangan untuk melakukan penelitian atau kegiatan untuk memperoleh persetujuan.

6.      Apa yang dimaksud dengan karya ilmiah?
Karya ilmiah adalah laporan tertulis dan diterbitkan yang memaparkan hasil penelitian atau pengkajian yang telah dilakukan oleh seseorang atau sebuah tim dengan memenuhi kaidah dan etika keilmuan atau secara sistematis

Kata Kunci:
- Laporan
- ‎penelitian
- ‎sistematis

Jadi, karya ilmiah adalah suatu laporan hasil penelitian yang ditulis secara sistematis.


7.      Apa yang dimaksud dengan resensi?
Rensensi adalah suatu penilaian terhadap sebuah karya baik berupa buku, karya seni, film, dan drama untuk merekomendasikan kepada orang lain.

Kata Kunci :
- penilaian
- ‎karya
- ‎rekomendasi

Jadi, resensi adalah tulisan yang memberikan penilaian suatu karya, bertujuan untuk memberi rekomendasi.

8.      Apa yang dimaksud dengan drama?
Drama merupakan genre (jenis) karya sastra yang menggambarkan kehidupan manusia dengan gerak. Drama menggambarkan realita kehidupan, watak, serta tingkah laku manusia melalui peran dan dialog yang dipentaskan.
Kata Kunci :
- Karya sastra
- ‎kehidupan manusia
- ‎peran dan dialog
Artinya, drama adalah bentuk karya sastra tentang kehidupan manusia dalam peran dan dialog.

Komentar

Popular - Populer

Resensi Buku "7 Hari Belajar Fotografi"

Hai kawan-kawan!!! Kali ini saya mau membicarakan tentang satu hobi saya dan harusnya kalian pasti sudah tahu. Yak, Fotografi. Bagi kalian yang baru mulai memasuki dunia fotografi dan merasa agak kesulitan dalam memahami cara kerja fotografi, ada baiknya jika kalian memiliki buku pegangan. Dan dari sanalah resensi ini muncul. 7 Hari Belajar Fotografi Cover "7 Hari Belajar Fotografi " Judul Buku : 7 Hari Belajar Fotografi Penulis : Herry Tiang Penerbit : Elex Media Komputindo Jumlah Halaman : 156 halaman Kota Terbit : Jakarta Tahun Pertama Terbit : 2015 Bagian Buku Pokok Isi Informasi Bab 1 Perlengkapan fotografi, kategori kamera, anatomi kamera, sensor, dan cara memegang kamera Bab 2 Titik fokus, mode fokus, dan drive mode Bab 3 Metering mode , Auto Exposure Bracketing , dan penerapannya Bab 4 Perbedaan mode white balance Bab 5 Exposure meter , serta pengaturan ISO , speed ,

Jawaban Pekan Ulangan Bahasa Indonesia

1. Widget adalah aplikasi ringan berkemampuan terbatas dalam web yang bisa dipasang dan digunakan. Widget biasa hanya menggunakan sebagian halaman web, biasa ada pada sidebar, dan memiliki berfungsi melakukan sesuatu menggunakan data dan informasi yang tersebar dalam internet. Salah satu contoh widget adalah kalender dan search bar . 2. Dalam sebuah blog, widget (juga dikenal sebagai gadget ) adalah hal sangat penting karena widget dapat memudahkan para pembaca blog dalam menavigasi blog yang dibuat. 5 widget yang wajib ada dalam sebuah blog antara lain : Search Bar (Bilah Penelusuran) " Search Bar " atau kadang juga dikenal sebagai "Bilah Penelusuran", seperti namanya, merupakan widget yang berguna untuk mencari dan menavigasi post dalam blog secara detil. Biasanya search bar diletakan pada bagian atas blog untuk mempermudah pembaca dalam menemukannya. Recent Post Recent post artinya adalah post tekini atau terbaru. Seperti namanya, widget ini m

Sekolah Pondasi Hidup

Hai kawan-kawan! Hari ini saya mau bercerita tentang sekolah saya. Pastinya kalian tahu kalau sekolah adalah tempat di mana kita memperoleh kebanyakan ilmu yang kita gunakan sampai sekarang. Yah, setidaknya yang ingin saya katakan adalah sekolahlah yang memberikan bibit-bibit bakat dan hobi yang kita miliki sekarang. Bagi saya secara pribadi, saya sekarang punya hobi fotografi dan video. Namun, dari mana saya mendapat hobi  tersebut? Sekolahlah yang memulai. Sekarang kalian sedang membaca blog ini. Tapi mungkin beberapa dari kalian tidak tahu kalu selah juga lah yang membuat saya memulai blog ini. Berbicara tentang sekolah di kehidupan,  bagaimana dengan sekolah saya yah?sekolah saya bisa dikatakan memiliki fasilitas lumayan baik. Saya bisa menulis hal itu karena memang sekolah ini dilengkapi dengan properti yang memadai bagi pembelajaran. Sekolah saya tersusun atas 4 lantai. Lantai 1 juga bisa dibilang lantai TK SD. Harusnya kalian sudah dapat gambaran tentang lantai ini.