Langsung ke konten utama

Resensi Buku "7 Hari Belajar Fotografi"

Hai kawan-kawan!!! Kali ini saya mau membicarakan tentang satu hobi saya dan harusnya kalian pasti sudah tahu. Yak, Fotografi. Bagi kalian yang baru mulai memasuki dunia fotografi dan merasa agak kesulitan dalam memahami cara kerja fotografi, ada baiknya jika kalian memiliki buku pegangan. Dan dari sanalah resensi ini muncul.



7 Hari Belajar Fotografi
Cover "7 Hari Belajar Fotografi"
Judul Buku : 7 Hari Belajar Fotografi
Penulis : Herry Tiang
Penerbit : Elex Media Komputindo
Jumlah Halaman : 156 halaman
Kota Terbit : Jakarta
Tahun Pertama Terbit : 2015

Bagian Buku
Pokok Isi Informasi
Bab 1
Perlengkapan fotografi, kategori kamera, anatomi kamera, sensor, dan cara memegang kamera
Bab 2
Titik fokus, mode fokus, dan drive mode
Bab 3
Metering mode, Auto Exposure Bracketing, dan penerapannya
Bab 4
Perbedaan mode white balance
Bab 5
Exposure meter, serta pengaturan ISO, speed, dan diafragma
Bab 6
Komposisi foto
Bab 7
Contoh dan cara menerapkan informasi dari bab-bab sebelumnya dalam mengambil foto

Bab 1. Perlengkapan
Bab pertama ini menjelaskan mengenai hal paling dasar dalam seni fotografi, yaitu peralatannya itu sendiri yang dalam hal ini merupakan kamera. Bab ini menjelaskan fitur-fitur dan fungsi tombol-tombol pada kamera serta lebih difokuskan dalam ranah interchangable-lens camera. Tidak hanya dari 1 jenis kamera saja, bab ini juga menjelaskan perbedaan-perbedaan dari kamera DSLR dan Mirrorless serta merk-merk kamera. Penjelasannya juga cukup dalam dengan penjelasan mengenai perbedaan sensor dan cara memegang kamera yang baik.

Bab 2. Fokus
Fokus adalah komponen  penting dalam fotografi karena secara tidak langsung fokus akan mengatur pusat perhatian dalam foto. Bab ini menjelaskan mengenai perbedaan manual focus dan auto focus serta sistem kerja auto focus. Tidak berhenti di fokus, bagi. Ini juga menjelaskan Drive mode, yaitu perbedaan cara kamera akan menangkap gambar seperti single shot (satu gambar dalam sekali menekan tombol shutter), continuous (banyak gambar berurut yang diambil saat tombol shutter ditekan dengan lama), self-timer, dan beberapa Drive mode lainnya.

Bab 3. Metering
Metering adalah cara sebuah kamera untuk menilai jumlah cahaya yang masuk dalam kamera ataupun diperlukan untuk mengambil suatu gambar sebaik mungkin. Bab ini menjelaskan dan menunjukan bagaimana perbedaan cara metering yang digunakan mempengaruhi hasil foto. Selain itu, penulis juga memberi penjelasan tentang Auto Exposure Bracketing, sebuah sistem yang mengatur kamera aga menangkap tiga buah foto (satu dengan eksposur biasa, eksposur dinaikan, dan eksposur diturunkan) dan cara menerapkannya dalam pengambilan foto secara efektif.

Bab 4. White Balance
Berlanjut dengan bab empat, bab ini membahas tentang white balance. White balance mengatur keseimbangan warna pada foto yang dihasilkan. Fitur ini juga salah satu faktor yang membedakan kamera digital dan analog. Bab ini juga menjelaskan bagaimana mengatur white balance yang baik serta perbedaan yang dihasilkan oleh tiap pengaturannya.

Bab 5. Exposure
Exposure adalah cara bagaimana kamera menangkap gambar yang masuk melalui lensa. Bab ini menjelaskan mengenai exposure meter, fitur penghitung keseimbangan cahaya yang masuk dalam kamera dan prinsip segitiga eksposur (ISO, Speed, dan Diafragma) serta bagaimana mereka mempengaruhi gambar yang diambil.

Bab 6. Komposisi
Dalam bab ini, penulis memberi penjelasan dan gambaran mengenai penempatan subjek sebagai point of interest, pengendalian depth of field, hingga bagaimana keseimbangan warna pada objek foto dalam memberikan mood tertentu ke dalam sebuah foto yang dihasilkan.

Bab 7. Creative Shooting
Untuk bab terakhir dalam buku ini, penulis menjelaskan bagaimana seluruh ilmu dari bab-bab sebelumnya dapat diterapkan dalam memotret secara kreatif. Bab ini membahas beberapa "teknik" foto seperti panning, siluet, dan refleksi serta efek yang dihasilkan.

Kelebihan Buku
- Buku dicetak secara full color sehingga enak dilihat dan dibaca siapapun.
- Penggunaan bahasa yang profesional namun tetap mudah dimengerti.
- Banyak foto contoh yang membantu pembaca mendapat gambaran fungsi dan efek dari pengaturan kamera.
- Terdapat "sesi latihan" pada akhir tiap bab yang bisa membantu pembaca lebih memahami fotografi secara praktek.

Kekurangan Buku
- Ada beberapa kata yang typo dalam penulisan buku.
- Ada kesalahan dalam penulisan pengaturan kamera pada contoh gambar. Hal ini bisa menyebabkan kebingungan bagi pembaca yang masih kurang memahami fotografi.


Secara umum, buku ini adalah salah satu buku yang harus dibaca oleh kawan-kawan yang baru memulai fotografi. Dengan penjelasan yang detail namun mudah dimengerti, buku ini memang bisa membantu pembaca untuk memahami fotografi dalam waktu yang relatif cepat.

Komentar

Popular - Populer

Jawaban Pekan Ulangan Bahasa Indonesia

1. Widget adalah aplikasi ringan berkemampuan terbatas dalam web yang bisa dipasang dan digunakan. Widget biasa hanya menggunakan sebagian halaman web, biasa ada pada sidebar, dan memiliki berfungsi melakukan sesuatu menggunakan data dan informasi yang tersebar dalam internet. Salah satu contoh widget adalah kalender dan search bar . 2. Dalam sebuah blog, widget (juga dikenal sebagai gadget ) adalah hal sangat penting karena widget dapat memudahkan para pembaca blog dalam menavigasi blog yang dibuat. 5 widget yang wajib ada dalam sebuah blog antara lain : Search Bar (Bilah Penelusuran) " Search Bar " atau kadang juga dikenal sebagai "Bilah Penelusuran", seperti namanya, merupakan widget yang berguna untuk mencari dan menavigasi post dalam blog secara detil. Biasanya search bar diletakan pada bagian atas blog untuk mempermudah pembaca dalam menemukannya. Recent Post Recent post artinya adalah post tekini atau terbaru. Seperti namanya, widget ini m

Sekolah Pondasi Hidup

Hai kawan-kawan! Hari ini saya mau bercerita tentang sekolah saya. Pastinya kalian tahu kalau sekolah adalah tempat di mana kita memperoleh kebanyakan ilmu yang kita gunakan sampai sekarang. Yah, setidaknya yang ingin saya katakan adalah sekolahlah yang memberikan bibit-bibit bakat dan hobi yang kita miliki sekarang. Bagi saya secara pribadi, saya sekarang punya hobi fotografi dan video. Namun, dari mana saya mendapat hobi  tersebut? Sekolahlah yang memulai. Sekarang kalian sedang membaca blog ini. Tapi mungkin beberapa dari kalian tidak tahu kalu selah juga lah yang membuat saya memulai blog ini. Berbicara tentang sekolah di kehidupan,  bagaimana dengan sekolah saya yah?sekolah saya bisa dikatakan memiliki fasilitas lumayan baik. Saya bisa menulis hal itu karena memang sekolah ini dilengkapi dengan properti yang memadai bagi pembelajaran. Sekolah saya tersusun atas 4 lantai. Lantai 1 juga bisa dibilang lantai TK SD. Harusnya kalian sudah dapat gambaran tentang lantai ini.