Langsung ke konten utama

Bukan Ulasan Film "Cahaya Dari Timur : Beta Maluku"

Hai kawan-kawan!!! Di post ini, saya mau membagikan pendapat saya tentang suatu film etnografi berjudul "Cahaya Dari Timur : Beta Maluku". Dan film ini juga berdasarkan kisah nyata.
Poster Cahaya Dari Timur : Beta Maluku

Mungkin teman-teman bisa lihat dari posternya, kalau film ini berpusat pada sepak bola. Dan saya sendiripun berpikir begitu ketika pertama kali melihat film ini. Tapi, setelah saya menonton film ini jelas sekali bahwa film ini lebih baik dari apa yang saya bayangkan, atau mungkin juga dengan apa yang teman-teman bayangkan.

Sebagai sedikit bocoran, film ini bercerita tentang kehidupan seorang mantan pemain sepak bola bernama Sani Tawainella yang di mana tempat dia tinggal, Tulehu, Maluku, sering terjadi kerusuhan antar warga karena adanya perbedaan agama dan semacamnya. Melihat ada banyaknya anak-anak yang suka berlari melihat kerusuhan dari dekat, Sani pun mulai mengajak para anak-anak untuk bermain bola. Dan untuk lanjutannya, kalian bisa coba saja langsung nonton. Sengaja tidak saya ceritakan lebih lanjut supaya tidak merusak pengalaman menonton jika seandainya mau menonton.

Secara keseluruhan, film ini adalah sebuah film yang diproduksi dengan sangat baik. Dengan adegan sinematik namun tetap natural, seakan film ini menggunakan rekaman asli dari apa yang terjadi sesungguhnya. Pada beberapa titik dalam film ini,  saya secara pribadi sempat merasa bosan. Tapi, menyusuri ceritanya lebih dalam sepanjang film, lama kelamaan saya bisa melihat betapa keren dan menakjubkannya film ini.


Cahaya Dari Timur ini bukan hanya menceritakan kisah anak SMA dari desa yang ingin menang pertandingan nasional. Namun, saya melihat kalau film ini menunjukan betapa hebatnya kita ini jika kita bisa berjuang bersama, bersatu tanpa melihat perbedaan. Dan simbol persatuan ini bisa kita lihat pada kata-kata dalam film ini yang juga sangat saya sukai.

Karena beta Maluku, bukan Tulehu, bukan Passo, bukan Kristen, bukan Islam
~ Cahaya Dari Timur : Beta Maluku ~ 2014 

Bagi saya, film ini adalah salah satu film yang wajib ditonton bagi anak muda agar kita bisa tahu bahwa perbedaan bukan berarti kita bisa bersatu. Sama halnya dengan apa yang terjadi dalam film ini.

Dan sebagai pengingat, ini bukan ulasan. Ini hanya pendapat saya tentang film ini.

See You and God Bless You All

Komentar

Popular - Populer

Resensi Buku "7 Hari Belajar Fotografi"

Hai kawan-kawan!!! Kali ini saya mau membicarakan tentang satu hobi saya dan harusnya kalian pasti sudah tahu. Yak, Fotografi. Bagi kalian yang baru mulai memasuki dunia fotografi dan merasa agak kesulitan dalam memahami cara kerja fotografi, ada baiknya jika kalian memiliki buku pegangan. Dan dari sanalah resensi ini muncul. 7 Hari Belajar Fotografi Cover "7 Hari Belajar Fotografi " Judul Buku : 7 Hari Belajar Fotografi Penulis : Herry Tiang Penerbit : Elex Media Komputindo Jumlah Halaman : 156 halaman Kota Terbit : Jakarta Tahun Pertama Terbit : 2015 Bagian Buku Pokok Isi Informasi Bab 1 Perlengkapan fotografi, kategori kamera, anatomi kamera, sensor, dan cara memegang kamera Bab 2 Titik fokus, mode fokus, dan drive mode Bab 3 Metering mode , Auto Exposure Bracketing , dan penerapannya Bab 4 Perbedaan mode white balance Bab 5 Exposure meter , serta pengaturan ISO , speed ,

Jawaban Pekan Ulangan Bahasa Indonesia

1. Widget adalah aplikasi ringan berkemampuan terbatas dalam web yang bisa dipasang dan digunakan. Widget biasa hanya menggunakan sebagian halaman web, biasa ada pada sidebar, dan memiliki berfungsi melakukan sesuatu menggunakan data dan informasi yang tersebar dalam internet. Salah satu contoh widget adalah kalender dan search bar . 2. Dalam sebuah blog, widget (juga dikenal sebagai gadget ) adalah hal sangat penting karena widget dapat memudahkan para pembaca blog dalam menavigasi blog yang dibuat. 5 widget yang wajib ada dalam sebuah blog antara lain : Search Bar (Bilah Penelusuran) " Search Bar " atau kadang juga dikenal sebagai "Bilah Penelusuran", seperti namanya, merupakan widget yang berguna untuk mencari dan menavigasi post dalam blog secara detil. Biasanya search bar diletakan pada bagian atas blog untuk mempermudah pembaca dalam menemukannya. Recent Post Recent post artinya adalah post tekini atau terbaru. Seperti namanya, widget ini m

Sekolah Pondasi Hidup

Hai kawan-kawan! Hari ini saya mau bercerita tentang sekolah saya. Pastinya kalian tahu kalau sekolah adalah tempat di mana kita memperoleh kebanyakan ilmu yang kita gunakan sampai sekarang. Yah, setidaknya yang ingin saya katakan adalah sekolahlah yang memberikan bibit-bibit bakat dan hobi yang kita miliki sekarang. Bagi saya secara pribadi, saya sekarang punya hobi fotografi dan video. Namun, dari mana saya mendapat hobi  tersebut? Sekolahlah yang memulai. Sekarang kalian sedang membaca blog ini. Tapi mungkin beberapa dari kalian tidak tahu kalu selah juga lah yang membuat saya memulai blog ini. Berbicara tentang sekolah di kehidupan,  bagaimana dengan sekolah saya yah?sekolah saya bisa dikatakan memiliki fasilitas lumayan baik. Saya bisa menulis hal itu karena memang sekolah ini dilengkapi dengan properti yang memadai bagi pembelajaran. Sekolah saya tersusun atas 4 lantai. Lantai 1 juga bisa dibilang lantai TK SD. Harusnya kalian sudah dapat gambaran tentang lantai ini.