Langsung ke konten utama

Sebuah Jurnal Biologi : PENYEBAB ARTRITIS SIKA DAN PENCEGAHANNYA

PENYEBAB ARTRITIS SIKA DAN PENCEGAHANNYA
Disusun oleh : Theonaldo Darmadi XI IPA

ABSTRAK

Artritis sika jarang terdengar pada telinga orang awam, namun penyakit ini cukup umum dengan dua juta kasus tiap tahunnya di Indonesia. Penyakit yang disebabkan terutama karena kurangnya cairan sinovial ini tidak dapat disebuhkan secara total. Namun, penyakit ini dapat dicegah dengan konsumsi glucosamine dan chondrotine yang cukup. 

Kata kunci : Artritis sika, Glucosamine, Chondroitine, Sinovial

Manusia pada dasarnya memiliki sejumlah sistem persendian baik yang dapat digerakan maupun tidak. Adapun sistem persendian tersebut bisa dibagi menjadi tiga, yakni : sinartrosis, amfiatrosis, dan diartrosis. Secara singkat, sinartrosis merupakan sendi yang tidak bisa digerakan dan juga dikenal sebagai sendi mati seperti sendi yang menggabungkan tempurung kepala. Amfiatrosis merupakan sendi yang dapat bergerak meskipun terbatas karena adanya tekanan seperti pada tulang belakang. Diartrosis adalah sendi gerak utama yang dapat bergerak bebas.
Pada persendian terdapat komponen-komponen utama yang membentuk dan memberi pergerakan bagi persendian untuk bekerja, salah satunya adalah cairan sinovial. Cairan sinovial merupakan cairan pelumas yang bekerja untuk mengurangi gesekan antar kartilago tulang sehingga pergerakan sendi dapat menjadi lancar dan halus sehingga individu tidak merasa sakit ketika bergerak.
Namun, kurangnya kadar glucosamine dan chondroitine dalam tubuh dapat menyebabkan berkurangnya cairan sinoval dan bantalan kartilago secara permanen sehingga menyebabkan peradangan pada sendi terus menerus. Hal tersebut dikenal sebagai penyakit yang bernama artritis sika. Peradangan yang terjadi ini tentu menyebabkan timbulnya rasa nyeri dan sakit pada persendian ketika individu bergerak.

Komentar

Popular - Populer

Resensi Buku "7 Hari Belajar Fotografi"

Hai kawan-kawan!!! Kali ini saya mau membicarakan tentang satu hobi saya dan harusnya kalian pasti sudah tahu. Yak, Fotografi. Bagi kalian yang baru mulai memasuki dunia fotografi dan merasa agak kesulitan dalam memahami cara kerja fotografi, ada baiknya jika kalian memiliki buku pegangan. Dan dari sanalah resensi ini muncul. 7 Hari Belajar Fotografi Cover "7 Hari Belajar Fotografi " Judul Buku : 7 Hari Belajar Fotografi Penulis : Herry Tiang Penerbit : Elex Media Komputindo Jumlah Halaman : 156 halaman Kota Terbit : Jakarta Tahun Pertama Terbit : 2015 Bagian Buku Pokok Isi Informasi Bab 1 Perlengkapan fotografi, kategori kamera, anatomi kamera, sensor, dan cara memegang kamera Bab 2 Titik fokus, mode fokus, dan drive mode Bab 3 Metering mode , Auto Exposure Bracketing , dan penerapannya Bab 4 Perbedaan mode white balance Bab 5 Exposure meter , serta pengaturan ISO , speed ,

Jawaban Pekan Ulangan Bahasa Indonesia

1. Widget adalah aplikasi ringan berkemampuan terbatas dalam web yang bisa dipasang dan digunakan. Widget biasa hanya menggunakan sebagian halaman web, biasa ada pada sidebar, dan memiliki berfungsi melakukan sesuatu menggunakan data dan informasi yang tersebar dalam internet. Salah satu contoh widget adalah kalender dan search bar . 2. Dalam sebuah blog, widget (juga dikenal sebagai gadget ) adalah hal sangat penting karena widget dapat memudahkan para pembaca blog dalam menavigasi blog yang dibuat. 5 widget yang wajib ada dalam sebuah blog antara lain : Search Bar (Bilah Penelusuran) " Search Bar " atau kadang juga dikenal sebagai "Bilah Penelusuran", seperti namanya, merupakan widget yang berguna untuk mencari dan menavigasi post dalam blog secara detil. Biasanya search bar diletakan pada bagian atas blog untuk mempermudah pembaca dalam menemukannya. Recent Post Recent post artinya adalah post tekini atau terbaru. Seperti namanya, widget ini m

Sekolah Pondasi Hidup

Hai kawan-kawan! Hari ini saya mau bercerita tentang sekolah saya. Pastinya kalian tahu kalau sekolah adalah tempat di mana kita memperoleh kebanyakan ilmu yang kita gunakan sampai sekarang. Yah, setidaknya yang ingin saya katakan adalah sekolahlah yang memberikan bibit-bibit bakat dan hobi yang kita miliki sekarang. Bagi saya secara pribadi, saya sekarang punya hobi fotografi dan video. Namun, dari mana saya mendapat hobi  tersebut? Sekolahlah yang memulai. Sekarang kalian sedang membaca blog ini. Tapi mungkin beberapa dari kalian tidak tahu kalu selah juga lah yang membuat saya memulai blog ini. Berbicara tentang sekolah di kehidupan,  bagaimana dengan sekolah saya yah?sekolah saya bisa dikatakan memiliki fasilitas lumayan baik. Saya bisa menulis hal itu karena memang sekolah ini dilengkapi dengan properti yang memadai bagi pembelajaran. Sekolah saya tersusun atas 4 lantai. Lantai 1 juga bisa dibilang lantai TK SD. Harusnya kalian sudah dapat gambaran tentang lantai ini.